Nasional

Pembakaran Bendera Tauhid, Praktisi Hukum Dedek Gunawan SH. MH Angkat Bicara

Dedek Gunawan

 

linkarnews.com - Tanah air dihebohkan dengan aksi brutal dilakukan oleh sekelompok oknum ormas yang membakar bendera berkalimat tauhid, aksi pembakaran yang beredar ketengah publik melalui unggahan video di media sosial tersebut membuat geram dengan beragam reaksi ditengah masyarakat.

Aksi pembakaran tersebut dilakukan bersamaan dengan Peringatan Hari Santri Nasional yang di lakukan di Garut Jawa Barat, Senin 22 Oktober Kemaren.

Praktisi hukum Dedek Gunawan SH. MH mencermati persoalan ini dari perspektif hukum karena telah memenuhi unsur penodaan agama sebagaimana yang diatur dalam Pasal 156a KUHP.

“Dipidana dengan penjara selama lamanya lima tahun barang siapa dengan sengaja dimuka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan,penyalahgunaan,atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut diindonesia”
, ungkap Dedek Gunawan mengulas isi KUHP tersebut kepada awak media di Pekanbaru, (23/10)

Tidak saja itu aktivis sosial yang juga calon anggota legislatif DPRD Kota Pekanbaru yang berikhtiar melalui Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut juga mengecam dan sangat menyayangkan aksi kelewat batas yang telah dilakukan oknum tersebut Dan minta untuk lekas di tindak oleh pihak berwajib.

“Kepada aparat penegak hukum terutama kepolisian agar bersikap objektif terhadap persoalan yang berpotensi menimbulkan permusuhan dan terjadinya kemarahan ummat islam, serta menindak siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut”, Lanjut Dedek ditengah kesibukannnya sebagai Caleg PBB Dapil Kecamatan Tampan tersebut.

Semoga kita (umat) selalu menjaga persatuan dan persaudaraan serta tidak mudah untuk di hasut oleh pihak lain apalagi dalam hiruk pikuk perpolitikan menjelang Pemilu 2019 nanti.

“Ummat islam jangan sampai terprovokasi dan kita harus mampu menahan diri, sekalipun ada pihak yang menginginkan terjadi perpecahan dalam persatuan dan kesatuan NKRI dari peristiwa ini, Namun demikian masyarakat juga jangan mengambil tindakan main hakim sendiri,biarlah kita serahkan kepada aparat kepolisian,” Tutup Dedek Gunawan.


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...