Riau

1.221 Data Ganda Ditemukan KPU Inhu

Pleno KPU Inhil

 

linkarnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau, tetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan sebanyak 273.492 jiwa di Wisma Happy, Kamis (13/9/2018). DPTHP tersebut terdiri dari 139.166 pemilih laki laki dan 134.326 pe. ilih perempuan.

Hadir dalam pleno tersebut ketua KPU Inhu Muhammad Amin beserta komisioner,  ketua Bawaslu Inhu Dedi Risanto beserta komisioner, ketua Parpol,  LO Parpol,  pihak Polres serta Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Inhu. 

Komisioner KPU Inhu, Divisi Data dan Informasi, Dwi Afriansyah, mengatakan, angka tersebut merupakan DPT hasil pencermatan yang dilakukan sejak penetapan DPT tingkat kabupaten beberapa waktu lalu.

"Adapun pencermatan DPT yang dilakukan KPU, yakni melakukan faktualisasi berapa jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat. Misalnya karena ditemukan data ganda, meninggal dunia, di bawah umur, pindah domisili, atau tidak dikenal," kata pria yang biasa disapa Yayan.

Yayan menyebutkan, sebelumnya KPU Inhu telah menetapkan jumlah DPT sebanyak  274.619 pemilih. Namun, karena adanya rekomendasi Bawaslu soal temuan data ganda sebanyak 1.600 pemilih ganda, sehingga dilakukan pencermatan.

"Kita sudah lakukan pencermatan sesuai rekomendasi, namun faktanya, setelah dilakukan verifikasi ada ditemukan 1.221 yang ganda, jumlah data yang telah kami faktualisasi, "ujarnya.

Dikatakan, persoalan yang ditemukan dapat DPT sebelumnya kini telah teratasi, dan pihak KPU telah melakukan inventaris masalah pada 9 September 2019 sebelum rapat pleno dilaksanakan.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Inhu, Dedi Risanto mengatakan DPT hasil pencermatan yang telah ditetapkan KPU tersebut tidak lagi menyisakan masalah. "Alhamdulillah sudah sinkron, data yang kami terima dari Bawaslu RI," tuturnya. 


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...