Dunia

Pensiun Tahun Depan dari Alibaba, Jack Ma Tunjuk Pengganti

Ratu Rania dari Yordania mengunjungi kantor pusat Alibaba Group bersama salah satu pendiri dan kepala eksekutif, Jack Ma, di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China

 

linkarnews.com - Jack Ma, pebisnis karismatik dan pendiri Alibaba Group Holding, perusahaan e-commerce terbesar di China, akan mundur sebagai kepala perusahaan dalam satu tahun, Reuters melaporkan, Senin (10/9).

Ma akan berkonsentrasi pada kegiatan amal dan pendidikan dan dia sudah menunjukkan orang kepercayaannya, Daniel Zhang, sebagai pengganti.

Ma, yang berulang tahun ke-54 hari ini, sudah sejak lama mengumumkan rencananya untuk mundur dan berkeras agar manajemen Alibaba harus dijalankan oleh orang-orang muda. Pengunduran dirinya tidak akan mempengaruhi operasi perusahaan.

Ma akan mundur dari posisi sebagai kepala perusahaan tepat satu tahun pada 10 September 2019 dan akan menyelesaikan masa jabatan di dewan direktur menyusul rapat umum tahunan pada 2020, kata Alibaba dalam pernyataannya. Dia sudah menyerahkan peran sebagai kepala eksekutif pada 2013.

Zhang, yang berusia 46 tahun, sudah menjadi CEO sejak 2015 setelah sebelumnya menjabat chief operating officer dan dikenal sebagai arsitek dibalik acara belanja online Alibaba, “Hari Lajang atau Singles Day” yang diadakan setiap 11 November. “Singles Day” sekarang menjadi acara belanja online terbesar di dunia. Zhang, yang juga mantan akuntan, akan terus menjabat sebagai CEO.

“Di bawah kepemimpinannya, Alibaba sudah mengalami pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 kuartal...Memulai proses menyerahkan tongkat kepemimpinan Alibaba kepada Daniel dan timnya adalah keputusan yang tepat pada saat yang tepat,” kata Ma dalam suratnya yang dirilis oleh Alibaba.

Ma, mantan guru bahasa Inggris tanpa latar belakang kemampuan teknis, turut mendirikan Alibaba pada 1999 dengan 17 orang lainnya dan menjadi salah satu orang terkaya di China dengan nilai kekayaan bersih $36.6 miliar, menurut Forbes


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...