LifeStyle

Mobil Wajib Spooring Balancing, Bila Alami Gejala ini

ilustrasi

 

linkarnews.com - Kaki mobil merupakan faktor penunjang kenyamanan berkendara. Harus dilakukan perawatan rutin secara berkala dengan melakukan spooring dan balancing.

Jangan dianggap remeh, keseimbangan antara ban dan kemudi perlu diperhatikan, karena bisa memicu peristiwa yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan berkendara.

"Biasanya lari pada kecepatan tertentu itu setir berasa getar, atau pada saat di jalan lurus cenderung suka lari ke kiri atau ke kanan, pasti ada sudut kaki-kaki yang tidak pas," ujar Deni Andrian, Services Manager Auto2000, saat berbincang dengan pewarta, di Jalan Boulevard Raya, Depok, Jawa Barat (29/08/2018).

Spooring dan balancing merupakan dua hal yang berbeda namun memiliki peranan yang sama, yakni menjaga kestabilan kendaraan dan memaksimalkan radius putaran ban.

Deni mengatakan jika spooring sendiri bertujuan untuk menyelaraskan gerak dan posisi dari roda kiri - kanan agar disetel supaya selaras dan sesuai. Sementara balancing, cara untuk menjaga keseimbangan roda melalui wheel balancer, gunanya agar putaran roda kembali seimbang.

Ia juga mengungkapkan ada keuntungan lain jika melakukan spooring dan balancing di bengkel resmi ."Sebelum di-spooring, kita cek dulu kondisi kaki-kaki lain apakah ada yang abnormal atau tidak, takutnya ada per atau shockbreaker yang sudah kena, supaya tidak berulang-ulang melakukan spooring," ucap Deni.

Untuk pelanggan yang masih awam terkait masalah mobil, sebaiknya mengatakan apa yang dikeluhkan mobilnya saat melakukan servis di bengkel, termasuk keseimbangan antara kemudi dan ban.

"Agar mobil optimal, jangan ragu bilang masalah tidak enak pada mobilnya saat dibawa berkendara, dengan begitu servis bisa ditangani dengan baik tanpa harus kembali lagi dengan masalah yang sama," tambah Deni.


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...