Pendidikan

Melintasi Jembatan Rusak, Sebuah Perjuangan Anak Riau untuk Bersekolah

Menyeberangi jembatan rusak

 

linkarnews.com - Sepertinya tak ada yang peduli dengan anak-anak SD di Kabupaten Kampar Riau ini. Selama dua tahun mereka menantang maut berjalan di atas jembatan lapuk demi menuntut ilmu.

Puluhan siswa SD 008 di Desa Salo Timur, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar Riau, saban hari terpaksa melintasi jembatan usang. Pulang dan pergi sekolah, mereka harus berhati-hati melintasi jembatan itu.

Jembatan tiang penyanggah dari besi yang sudah berkarat itu, bentuknya tak sempurna lagi. Papan-papan sebagai alas di atas jembatan itu sudah banyak yang lapuk dan hilang.


Terlihat dengan jelas, jembatan bolong-bolong karena papan kayu sudah banyak yang hilang. Untuk melintasi jembatan ini, para siswa harus ekstra hati-hati.

Mereka tampak berjalan tertatih-tatih sembari memegang tiang besi yang ada di jembatan itu. Setiap hari mereka melintasi jembatan ini dengan pertaruhan nyawa. Para siswa baik pergi dan pulang, harus selalu bersama. Ini agar bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan bisa segera mengabarkan kepada warga lainnya.

Menurut Rusli, seorang warga desa setempat, bahwa kondisi jembatan yang sudah tak layak digunakan ini sudah pernah ditinjau para pejabat Pemkab Kampar.

"Sudah dua tahun kondisinya rusak. Anak-anak kami harus melintas setiap hari. Harus berhati-hati, karena papan-papanya sudah lapuk dan sudah banyak yang hilang," kata Rusli, saat dikonfirmasi, Jumat (3/8/2018).

Masih menurut Rusli, memang akses ke sekolah ada jalan alternatif lainnya. Hanya saja, jaraknya bisa mencapai 3 Km dari rumah warga. Akses terdekat menuju ke sekolah, harus melalui jembatan yang usang itu.

"Lewat jembatan ini anak-anak cukup berjalan kaki karena dekat. Masalahnya, jembatannya mengerikan, tak layak di lintasi lagi," kata Rusli.

Kondisi jembatan yang rusak ini, menurut Rusli sudah pernah ditinjau langsung Pemda Kampar. Namun, semua itu hanya sekedar meninjau tanpa ada solusi untuk memperbaiki.

"Ya hanya ditinjau saja, sampai sekarang tidak juga ada perbaikan. Mestinyakan Pemda Kampar bisa segera memperbaiki kondisi jembatan ini," kata Rusli.
 


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...