Riau

Ikuti Ayo Zorah, DR Firdaus: Ayo Zorah Meningkatkan Rasa Cinta Nagoyi

Ikuti Ayo Zorah, DR Firdaus: Ayo Zorah Meningkatkan Rasa Cinta Nagoyi

linkarnews.com - DR H Firdaus ST MT, yang merupakan anak kemenakan masyarakat kenegrian Bangkinang didaulat masyarakat untuk melepas rombongan jamaah ziarah kubur pada event ayo zorah di desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang pada Sabtu (23/6/2018) pagi. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan jamaah yang memadati masjid Mujahidin Muara Uwai. Jamaah tersebut berasal dari masyarakat desa Muara Uwai dan juga para perantau asal Muara Uwai dari berbagai daerah. 

DR Firdaus ST MT dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan Ayo Zorah ini harus terus dilestari dan kembangkan. Karena event ini sarat makna spiritual dan kultural. 

"Ayo Zorah ini setidaknya memiliki tiga (3) esensi. Ketiga esensi ini sarat makna dan memberi hikmahbdan manfaat untuk kita bersama" kata Firdaus dalam sambutannya. 

Ketiga esensi tersebut yaitu pertama ayo zorah ini mengingatkan kita bersama dengan kematian. Sebagai makhluk akan menemui ajalnya. 

"Kedua akan mempererat silaturahmi. Banyak saudara yang pulang kampung bersilaturahmi dengan sanak saudara. Tentu yang selama ini jarang bertemu akan bertemu"terang doktor tamatan IPDN Jatinangor ini. 

Ketiga, hikmah ziarah kubur akan meningkatkan rasa cinta nagoyi (cinta negeri). 

"Bagi yang jarang pulang kampung karena kesibukan dan pekerjaan akan pulang kampung pada kegiatan ini. Mereka akan menengok sanak saudara, memberikan santunan dan mengenalkan anak dan cucu dengan keluarga. Maka ini perlu kita pertahankan"terang Firdaus.

Setelah membuka kegiatan Ayo Zorah ini, DR Firdaus menyempatkan diri untuk berziarah ke makam orang tuanya Hj Siti Rofiah binti Niuh Ahmad, makam Mertua dan beberapa handai taulan lainnya. 

Ayo Zorah ini merupakan kegiatan spiritual yang dibungkus dengan cara kultural. Telah ada semenjak ratusan tahun yang lalu. Hingga kini masih tetap dipertahankan oleh masyarakat khususnya di kecamatan Bangkinang, sebagian kecamatan Salo dan Kampar Utara. ***


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...