Politik

Pengamat Sebut Hasil Pemilu Malaysia Akan Pengaruhi Suhu Politik Indonesia

Hendri Satrio

 

linkarnews.com - Pengamat politik Hendri Satrio meyakini hasil pemilu di Malaysia bakal berpengaruh terhadap Pemilu di Indonesia yang akan digelar 2019 mendatang.

Terutama bagi kelompok oposisi, diyakini bakal menjadikan kemenangan Mahathir Muhammad sebagai inspirasi untuk menumbangkan petahana Joko Widodo yang diprediksi bakal maju kembali sebagai capres.

Hendri menyampaikan pandangannya karena isu-isu yang diangkat kubu oposisi di Malaysia berdekatan dengan isu yang juga menjadi kegelisahan masyarakat di Indonesia.

 

"Misalnya, soal korupsi. Ini kan sangat dekat dengan kondisi yang ada di Indonesia,” ujar Hendri kepada JPNN, Sabtu (19/5).

Isu lain, kata pengajar di Universitas Paramadina ini, penguasaan ekonomi di Indonesia juga hanya dipegang sekelompok kecil masyarakat dari golongan tertentu.

 

Menurut Hendri, isu ini sejak beberapa waktu belakangan marak disoroti kubu oposisi yang ada di Indonesia. Mereka menilai kondisi yang ada tidak baik bagi kondisi bangsa ke depan.

 

"Kemudian yang juga banyak disoroti terkait tenaga kerja asing (TKA) yang berasal dari China. Saya kira isu ini juga bakal menjadi perhatian penting," katanya.

 

Meski demikan, founder lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (kedaiKOPI) ini menilai, kubu oposisi di Indonesia perlu bekerja keras agar bisa meraih kemenangan seperti kubu oposisi di Malaysia. (jpnn)


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...