Dunia

Smart City Jadi Tema KTT ASEAN ke-32

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

 

linkarnews.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan KTT ke-32 ASEAN akan bertemakan 'Smart City'. Dari tema tersebut, nantinya akan dibahas banyak hal, di antaranya terkait cyber.

 

"Temanya 'Smart City' itu nantinya bisa turunan ke mana-mana dan sebagainya. Kalau yang mengenai akan dibahas kita tidak bisa sampaikan sekarang karena belum dibahas. Jadi memang temanya adalah masalahsmart city," kata Retno di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2018).

 

Retno enggan menyebutkan pembahasan lebih rinci yang akan dalam KTT ke-32 ASEAN. Namun forum tersebut akan membahas teknologi.

 

"Kita bicara soal teknologi, bisa larinya ke cyber itu bisa saja, tapi sekali lagi saya tidak bisa menyampaikan isu dari negara lain. Yang bisa saya sampaikan bahwa temanya adalah resilience daya tahan dan smart city," ujarnya.

 

Sebelumnya, Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN Chandra Widya Yudha menyatakan ada sejumlah isu yang bakal dibahas Presiden Joko Widodo bersama para pemimpin ASEAN lainnya. Di antaranya isu keamanan siber hingga perlindungan buruh migran.

 

"Beberapa hal yang akan didorong Indonesia dan jadi perhatian pokok kita adalah kerja sama cyber security dan mendorong dalam kerangka ASEAN Community Building Process dalam memajukan smart city network. Ini sesuai program Indonesia, gerakan menuju 100 Smart City untuk mendorong penggunaan teknologi memajukan kota," ujar Chandra.

 

ASEAN juga bakal berupaya mencegah kasus bocornya data pribadi. Hal ini merupakan salah satu respons dari kasus bocornya data pengguna Facebook, seperti dalam kasus Cambridge Analytica. (***)

 

 

sumber: detik


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...