LifeStyle

AC Panas dan Suhu Mesin Naik, Ini Biang Penyebabnya

Kipas Pendingin

 

linkarnew.com - Extra fan mempunyai fungsi ganda, yaitu untuk mendinginkan air di radiator dan mendinginkan kondensor pada sistem pendingin udara.
 
Dengan adanya kipas tambahan tersebut, air yang berada di radiator akan cepat dingin dan udara yang dihembuskan oleh pendingin udara atau AC dalam kabin akan terasa dingin.
 
Kipas tersebut bekerja secara otomatis sesuai kebutuhan. Jika suhu air di mesin sudah melebihi 84 derajat Celcius, maka kipas akan berputar sampai suhu air di mesin turun. Begitu pula ketika AC dihidupkan, kipas bekerja hingga suhu kabin yang diinginkan tercapai.
 
Dilansir dari Astraworld, Sabtu 7 April 2018, risiko yang dapat ditimbulkan jika extra fan mati adalah naiknya suhu mesin, diiringi dengan tidak berfungsinya sistem pendingin udara. Jika hal ini terjadi bersamaan, maka bisa dipastikan kipas tambahan mati.
 
Apabila hal ini dialami pada saat mobil sedang berjalan, segera mematikan mesin dan menepi mencari tempat yang aman. Jangan sampai mesin mati dengan sendirinya karena dampak dari overheating.
 
Lantas, kapan sebaiknya extra fan diperiksa dan dilakukan pergantian?
 
Karena tergolong komponen elektrik, jadi tidak ada waktu pemeriksaannya. Tetapi, sebagai acuan untuk melakukan pergantian extra fan adalah rata-rata kendaraan yang sudah berumur 3-4 tahun, atau mobil sudah menempuh jarak sekitar 80-100 ribu kilometer. (ase)


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...