Metropolis

Master Plan Smart City Jadi Referensi Program Kebijakan di OPD Kota Pekanbaru

Plt Kadiskominfo Pekanbaru Firmansyah Eka Putra

 

linkarnews.com - Master Plan Smart City akan menjadi referensi program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

 

Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru telah menggelar sosialisasi kepada seluruh OPD  di jajaran Pemko Pekanbaru dan dilakukan pemaparan konsep master plan Smart City tersebut, Rabu (14/3/2018).

 

Konsep master plan Smart City ini dipaparkan  Diskominfo bersama konsultan, yang mana sejatinya konsep master plan ini sebenarnya sudah dibuat dan diselesaikan pada akhir 2017 lalu.

 

"Karena kesibukan, maka baru sekarang  bisa kita bahas dan diskusikan bersama seluruh OPD. Konsultan yang membuat master plan ini berupaya menjabarkan dan menterjemahkan dalam bentuk program kegiatan strategi yang menjadi visi Wali Kota Pekanbaru, Smart City Madani," ujar Plt Kadiskominfo Pekanbaru Firmansyah Eka Putra.

 

Selain itu, master plan Smart City ini diharapkan juga menjadi acuan dalam melaksanakan tugas di masing-masing OPD dalam setiap programnya. Apalagi mulai tahun ini, OPD tidak lagi mengikuti sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PermenPAN) untuk memiliki visi sendiri diruang lingkup kerjanya.

 

"OPD tidak lagi memiliki visi. Tetapi visi OPD adalah visi Kepala Daerah. Jadi artinya master plan ini menjadi referensi bagi OPD, diluar dokumen perencanaan lainnya seperti RPJM. Master plan ini nantinya dapat dituangkan ke dalam Renstra dan Renja program OPD," jelasnya.

 

OPD juga diminta berperan aktif untuk mengkritisi apa yang dibuat di dalam konsep master plan Smart City. Sebab konsultan yang mengkonsep master plan ini juga membutuhkan saran dan masukan dari seluruh OPD, agar informasi dan data akurat dapat lebih disempurnakan lagi.

 

"Jadi dengan adanya saran dan kritikan ini nantinya akan dapat menyempurnakan master plan Smart City. Meski sudah dibuat, namun bisa saja nanti kita revisi lagi," kata Eka, begitu ia disapa. (**)


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...