Parlamen

2000 KTP Dukungan Syarat Untuk Maju DPD RI dari Riau

Pemilu 2019 (Ilustrasi)
 
linkarnews.com - Tahun 2019 adalah tahun yang akan begitu bersejarah dalam perjalanan demokrasi bangsa ini. dimana akan dilaksanakannya Pemilihan Langsung (Pemilu) Presiden, DPRD I, DPRD II serta DPR RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pertama yang akan dilaksanakan secara serentak atau bersamaan se Indonesia. 
 
satu (1) orang akan mendapatkan 5 lembar kertas suara secara bersamaan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
 
sebagai penyelenggara 'independen' Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun melaksanakan tahapan proses tersebut mulai pendaftaran calon-calon sampai pemungutan suara hingga penentuan siapa pemenang setiap akumulasi suara yang ada di kotak suara. 
 
Khusus untuk calon anggota Legislatif DPD RI, KPU pun akan memulai pendaftaran calon dalam waktu dekat. sebagai mana yang disampaikan Anggota KPU Riau Divisi Hukum dan Pengawasan, Ilham Muhammad Yasir. 
 
“Tahapan pendaftaran paling dekat adalah DPD RI, Untuk mendaftarkan diri sebagai seorang calon anggota DPD, pendaftar minimal mendapatkan 2 ribu dukungan pemilih yang tersebar paling sedikit 6 kabupaten/kota di Riau,” jelasnya.Kamis, (15/03/2018) di Pekanbaru
 
 
Demikian disampaikan anggota/Komisioner KPU Riau Divisi Hukum dan Pengawasan Ilham Muhammad Yasir yang membidangi pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD
 
Ia menjelaskan, tahapan pencalonan anggota DPD dimulai tanggal 26 Maret-29 Agustus 2018. Sedangkan untuk anggota DPR, DPRD dimulai pada 31 Agustus-23 September 2018. Sementara untuk calon presiden, diperkirakan dimulai 4 Agustus-20 September 2018. 
 
 
Dukungan yang didapat, harus dibuktikan dengan daftar dukungan yang dibubuhi tanda tangan atau cap jempol jari tangan yang dilengkapi fotokopi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) pendukung. 
 
Syarat tersebut dikatakan Ilham merujuk kepada Pasal 183 ayat (1) huruf b UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu. Serta Surat Keputusan (SK) KPU RI Nomor 71/PL.01.3-Kpt/03/KPU/II/2018 pada tanggal 28 Februari 2018.
 
Lebih jauh, dikatakan Ilham, tahapan pencalonan anggota DPD terdiri dari proses pendaftaran dan verifikasi jumlah dukungan. Pada tahap pendaftaran, KPU Provinsi Riau akan mengumumkan penyerahan syarat dukungan sejak 26 Maret-8 April 2018. Sedangkan untuk penyerahan syarat dukungan dapat diterima KPU Provinsi Riau pada 22-26 April 2018 mendatang.
 
 “Nanti jika memenuhi persyaratan dilakukan verifikasi faktual dukungan ke lapangan. Pada 29 Agustus 2018 nanti sudah dapat diketahui nama-nama calon anggota DPD yang akan jadi peserta Pemilu 2019,” tambah Ilham.
 
Untuk syarat, pendaftar bisa melihat pada Pasal 182 huruf a-p UU Nomor 7 Tahun 2017. Di antaranya, WNI yang telah berumur 21 tahun, berpendidikan paling rendah tamat SMA, terdaftar sebagai pemilih, mengundurkan diri sebagai kepala daerah, ASN, TNI, Polri, kepala desa, mencalonkan hanya untuk 1 (satu) lembaga perwakilan. Serta tidak pernah dipidana berdasarkan putusan pengadilan karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan penjara 5 (lima) tahun atau lebih.(Qd)


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...