Metropolis

Pemko Pekanbaru Bersiap Kelola Proyek SPAM Kementrian RI

Penandatanganan Kesepakatan Induk Proyek KPBU SPAM Pekanbaru Dan RSUD Sidoarjo Barat

 

linkarnews.com - Pemerintah kota Pekanbaru menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Keuangan RI dan PDAM Kota Pekanbaru dalam rangka penyiapan pendampingan  transaksi proyek SPAM (Sistim Penyedian Air Minum ) Kota Pekanbaru, dengan melakukan kick Off Meeting, Selasa (21/11/2017) di hotel Pangeran Pekanbaru. Dimana sebelumnya penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di kantor Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di Jakarta, Jumat (17/9/2017) lalu.

 

Penandatanganan Kesepakatan Induk Proyek KPBU SPAM Pekanbaru Dan RSUD Sidoarjo Barat

Dalam kegiatan tersebut, langsung dihadiri oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus,ST,MT, Dirut PDAM Kota Pekanbaru Drs Kemas Yusperi,MSi, Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru M.Jamil,M.Ag, Deputi bidang perencanaan penanaman modal BKPM, Deputi bidang perencanaan Infrastruktur BKPM dan Direktorat jenderal pengelolaan pembiayaan dan resiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Fredy Erikson Saragih.

Foto Bersama usai Penandatanganan Kesepakatan Induk Proyek KPBU SPAM Pekanbaru Dan RSUD Sidoarjo Barat(1)

Kegiatan kick off meeting tersebut dilakukan sebagai upaya pemberian fasilitas penyiapan dan pelaksanaan transaksi untuk proyek  kerjasama Pemerintah dengan badan usaha SPAM (Sistim Penyediaan Air Bersih) Kota Pekanbaru dari Kementerian Keuangan kepada  Pemerintah Kota Pekanbaru.

 

Dalam kesempatan ini, Kementerian Keuangan bertindak sebagai penyedia fasilitas, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui PDAM sebagai penerima fasilitas, dan PT. SMI (Sarana Multi Infrastruktur) persero merupakan pelaksana fasilitas yang ditugaskan oleh Kementerian Keuangan. Melalui fasilitas ini, PT. SMI (Persero) akan melakukan penyiapan yang meliputi penyusunan kajian prastudi kelayakan dan pendampingan transaksi/lelang untuk kepentingan Pemerintah Kota Pekanbaru yang pendanaannya akan dibiayai oleh Kementerian Keuangan.

 

Dengan pemberian fasilitas ini, diharapkan hasil penyiapan dan transaksi/lelang proyek KPBU SPAM (Sistim Penyedian Air Bersih) Kota Pekanbaru dapat menarik minat Investor potensial. Badan usaha pemenang lelang nantinya akan mendesain, membangun, membiayai dan mengoperasikan serta mmelihara Infrastuktur SPAM Kota Pekanbaru guna menyediakan layanan air bersih yang lebih baik , berkelanjutan, dan terjangkau bagi masyarakat Kota Pekanbaru.

 

Dengan ditandatanganinya kesepakatan Induk antara Kementerian Keuangan RI dan PDAM Kota Pekanbaru dalam rangka penyiapan pendampingan transaksi proyek SPAM (Sistim Penyedian Air Bersih) Kota Pekanbaru ini, maka PDAM Kota Pekanbaru juga akan mendapatkan dukungan dari Bappenas dan penjajakan minta pasar.

 

Kick Off Meeting lanjutan kali ini dihadiri oleh perwakilan Menteri Keuangan RI adalah  Direktorat jenderal pengelolaan pembiayaan dan resiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Fredy Erikson Saragih, Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh Ir.Dedi Gusriadi selaku Asisten II Bidang Ekonomi Pemko Pekanbaru, Di ikuti oleh bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kota Pekanbaru dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, Para Konsultan serta Stekholder dengan serius dan konsentrasi mengikuti acara kali ini.

 

Fredy Erikson Saragih mewakili Menteri Keuangan RI menyampaikan bahwa Ibu Menteri untuk urusan air bersih ini sangat mendukung/support  sekali apa yang diprogramkan oleh Pemeintah Kota Pekanbaru.

 

"Hal tersebut dibuktikan dengan kesiapan pemerintah pusat dalam hal ini menteri keuangan telah menyetujui dalam penyediaan pembiayaan SPAM (Sistim Penyedian Air Bersih) Kota Pekanbaru ini yang biayanya kalau menurut kami lumayan besar," ujar Fredy.

 

Lebih lanjut dikatakan Fredy, oleh karena itu pihaknya berharap kepada pihak Pemko Pekanbaru untuk segera di proses secara cepat, kalau ini sudah berjalan dengan baik. Maka pada bulan januari tahun depan sudah dapat dicapai dan selanjutnya 6 kedepannya juga harus terus dilakukan ievaluasi apa saja target yang sudah dicapai, hal ini  yang diharapkan oleh Menteri Keuangan RI.

 

"Yang jelas kami yakin dan optimis bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru dapat melaksanakan proyek SPAM di Kota Pekanbaru ini berjalan dengan baik, lancar dan tidak ada kendala nantimya, yang terpenting adanya Komitmen dari Pemerintah Kota Pekanbaru dan juga elemen masyarakat," Sebutnya.

 

Ir.Dedi Gusriadi Selaku Asisten II Bidang Ekonomi Pemko Pekanbaru menyampaikan bahwa Pemko pekanbaru sangatlah mendukung dan siap menggesa pembangunan proyek KPBU SPAM yang ada di Kota Pekanbaru ini untuk diselesaikan secara bersama-sama. 

 

"Pemerintah Kota Pekanbaru meminta pada PT. SMI (persero) dan stekholder untuk dapat membuat matrik  apa-apa kegiatan yang dilakukan termasuk dan program kerja yang terstriuktur dan terjadwal," ungkap Dedi

 

Lebih lanjut dikatakan Dedi, untuk Ranperdanya sudah masuk di Prolega DPRD Kota Pekanbaru agar jelas payung hukumnya, Pemko Pekanbaru akan siapkan itu. Rencananya Ada 4 titik lahan  untuk pembangunan Tower untuk SPAM ini diantaranya : di Jalan Mjustika, Jalan Teratai, Sekitar Terminal Akap, Jalan Rokan. Tower ini nantinya kita akan desain untuk ruang publik agar bermanfaat juga bagi  masyarakat.

 

"Lokasi SPAM terbagi 4 Zona yakni : Zona 1. Ada 6 Kecamatan yakni : Kecamatan Pekanbaru Kota, Sail, Limapuluh, Senapelan, Sukajadi, Marpoyan Damai, dan Payung Sekaki. Zona 2. Ada 2 Kecamatan : Kecamatan Rumbai Pesisir dan Rumbai. Zona 3. meliputi : Kecamatan Bukit Raya, Tampan dan Zona 4. yaitu Kecamatan Tenayan Raya. Kami harapkan dengan pembangunan proyek KPBU SPAM Kota Pekanbaru ini dapat dinikmati dan bermanfaat untuk masyarakat Kota Pekanbaru sesuai visi Pemerintah yakni menjadikan Kota Pekanbaru Smart City yang Madani," papar Dedi. [Adv]


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...