Riau

GN-KPA dan Kementrian PUPR Tanam 950 Pohon di Sungai Bungo, Rohul

Gerakan Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) dan pihak Dirjen Sumberdaya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera III dari Kementrian PUPR, membantu 950 batang bibit pohon buah-buahan untuk Kabupaten Rokan Hulu.
linkarnews.com- Gerakan Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) dan pihak Dirjen Sumberdaya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera III dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), membantu 950 batang bibit pohon buah-buahan untuk Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.
 
Ratusan bibit pohon bantuan dari Kementrian PUPR ini mulai ditanam di kawasan resapan air atau embung di Dusun Sungai Bungo Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah yang masuk dalam kawasan Bukit Simalombu, Rabu (16/11/2016) sore, dimulai dari kawasan wisata Sipogas.
 
Bantuan pohon ini merupakan program kemitraan, sekaligus dalam rangka Hari Bhakti Kementrian PUPR ke-71, serta menindaklanjuti nota kesepahaman atau MoU lima Menteri beberapa waktu lalu, sebagai bentuk kepedulian terhadap krisis air.
 
Penanaman bibit pohon melibatkan kelompok masyarakat kemitraan di dua desa di Kecamatan Rambah, yakni Desa Sialang Jaya dan Desa Rambah Tengah Barat, termasuk instansi terkait seperti Bappeda Rohul, BLH Rohul, dan Pemerintah Kecamatan Rambah.
 
Sekretariat Tim Kerja Antar kementrian Implementasi Revitalisasi GN-KPA, Victor Sidabutar, mengatakan jenis pohon yang ditanam di Sungai Bungo yakni matoa, durian montong, serta mangga.
 
Pria yang akrab disapa Pak Tua ini berharap dengan ditanamnya ratusan pohon buah-buahan di Sungai Bungo yang merupakan Kampung Wisata di Rohul, kawasan resapan air akan selalu terjaga.
 
"Selain itu buah dari pohon yang ditanam akan bermanfaat. Bisa dimakan atau dijual nantinya," ujar Victor, usai penanaman pohon di Sungai Bungo didampingi Camat Rambah Arie Gunadi, Pjs Kades Sialang Jaya Taufik Ahmadi, dan Kades Rambah Tengah Barat Sofyan.
 
Adapun titik penanaman pohon buah-buahan, sambung Pak Tua, difokuskan di hulu resapan air. Aksi penanaman pohon sendiri merupakan rangkaian kegiatan dilakukan GN-KPA dalam menyelamatkan lingkungan.
 
Melalui kegiatan kemitraan ini, Victor mengajak peran masyarakat untuk ikut menjaga tanaman dan lingkungan.
 
"Apalagi program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 dan sudah ditindaklanjuti dengan MoU lima Menteri," jelasnya.
 
Victor mengakui, ke depannya akan dibagi tugas, apa tugas Kementrian PUPR, dan tugas Pemkab Rohul. Pasalnya, program penghijauan ini akan terus berlanjut.
 
Sementara itu, Camat Rambah Arie Gunadi sangat menyambut baik program penghijauan dilakukan pihak Kementrian PUPR dan GN-KPA di daerahnya.
 
Arie mengharapkan program ini berlanjut, berguna bagi masyarakat, serta menjaga kawasan resapan air, serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.
 
Ia meminta Kades Sialang Jaya dan Kades Rambah Tengah Barat serta kelompok masyarakat kemitraan ikut menjaga dan mengelola dengan baik tanaman pohon bantuan dari pemerintah pusat tersebut.
 
"Sehingga apa yang sudah dibantu bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di dua desa di Kecamatan Rambah ini," pungkas Arie.
 
Masih di tempat sama, Kades Rambah Tengah Barat Sofyan dan Pjs Kades Sialang Jaya Taufik Ahmadi turut berterima kasih dengan kepedulian pemerintah di daerahnya.
 
Kedua Kades ini berharap program berhubungan dengan kehutanan dan lingkungan ini terus berlanjut di daerahnya, sehingga daerah resapan air tetap terjaga.
 
Aksi penanaman pohon di kawasan hulu resapan Sungai Bungo turut dihadiri Bripka Jupendri selaku Bhabin Kamtibmas Desa Sialang Jaya, Menaming, dan Rambah Tengah Hulu, serta dihadiri kelompok masyarakat.


Loading...

Loading...

[Ikuti LinkarNews.Com Melalui Sosial Media]






Loading...